Pentingnya Mengkonsumsi Makanan Kaya Serat

Dengan gaya hidup yang sibuk saat ini ditambah dengan kebiasaan makan yang tidak sehat, gangguan pencernaan, pembentukan gas di saluran pencernaan, sakit perut, sembelit, kelelahan dan kurang konsentrasi telah menjadi masalah umum sehari-hari. Karena gangguan ini, produktivitas Anda di tempat kerja menurun dan iritabilitas meningkat. Selain itu, Anda mulai menambah berat badan. Akar masalahnya adalah rendahnya asupan makanan kaya serat.

Tidak ada rekomendasi resmi untuk jumlah spesifik serat yang harus dikonsumsi setiap hari. Namun, ahli gizi menyarankan bahwa tiga puluh dua Menurunkan Kolesterol Secara Alami gram serat harus cukup untuk rata-rata orang dewasa. Serat adalah bagian dari makanan nabati yang tidak dapat dicerna oleh perut Anda dan sebagian besar dikeluarkan. Jadi mengapa serat begitu penting?

Serat terdiri dari dua jenis – satu yang larut dalam air, dan serat kompleks, sebagian besar selulosa, yang tidak. Jika Anda mulai memasukkan kedua jenis serat dalam jumlah yang cukup dalam diet harian Anda, Anda akan kagum dengan manfaat kesehatan yang mulai Anda rasakan dan peningkatan dalam seluruh cara hidup Anda.

Mengkonsumsi serat makanan yang cukup dapat mengatasi sejumlah masalah kesehatan umum kita. Tanpa serat yang cukup, usus besar terganggu. Serat tidak larut adalah pencahar alami. Ini membentuk gel dengan menahan air di usus Anda dan melunakkan tinja Anda. Harga Jual Flimty Fiber Murah Jadi dengan menambahkan serat dalam jumlah besar ke dalam tinja Anda, Anda dapat menghilangkan masalah sembelit dan sindrom iritasi usus besar. Risiko wasir juga berkurang.

Juga, usus terhidrasi ini membantu pencernaan Anda – ini menghalangi kolesterol berbahaya memasuki darah Anda dan menghilangkannya. Kelebihan lemak juga terkuras dari tubuh Anda. Pembentukan plak yang menyumbat arteri Anda dengan demikian dapat dihindari dan Anda memiliki kemungkinan lebih kecil terkena stroke.

Faktanya, studi ilmiah yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition pada bulan September 1999 mengungkapkan bahwa diet tinggi serat mengurangi kemungkinan serangan jantung sebesar 40 persen pada wanita dan 50 persen pada pria.

Termasuk serat dalam diet harian Anda melindungi Anda dari diabetes. Jumlah gula yang lebih sedikit diserap ke dalam aliran darah, dan kadar gula dalam darah Anda dengan demikian seimbang.

Kotoran yang terhidrasi dan melunak bergerak lebih cepat ke saluran usus Anda dan racun kanker dikeluarkan, mendapatkan lebih sedikit waktu untuk berinteraksi dengan lapisan usus Anda. Dengan demikian, risiko kanker usus besar berkurang.

Makanan berserat tinggi membantu Anda merasa kenyang lebih cepat dan mencegah Anda makan berlebihan. Anda sebenarnya makan lebih sedikit kalori. Serat juga menahan rasa lapar Anda untuk jangka waktu yang lebih lama. Saluran pencernaan Anda membutuhkan lebih banyak energi untuk mencerna makanan kaya serat yang Anda makan, dan dengan demikian tubuh Anda membakar beberapa kalori ekstra. Penyerapan lemak juga berkurang. Serat dengan demikian secara efektif membantu Anda dalam mencegah kelebihan berat badan.

Pentingnya lebih lanjut dari makan makanan kaya serat pasti akan ditemukan oleh dan oleh. Makan lebih banyak biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan, dan lebih sedikit makanan olahan untuk meningkatkan asupan serat Anda. Secara bertahap meningkatkan jumlah serat dalam makanan sehari-hari Anda adalah pendekatan terbaik untuk gaya hidup yang lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *